Padamu negeri kami berjanji, Padamu negeri kami berbakti, Padamu negeri kami mengabdi, Bagimu negeri jiwa raga kami. (Pencipta Lirik dan Lagu Bagimu Negeri: Kusbini)

Wednesday, July 31, 2013

BBM Bersubsidi harus segera naik..!!

Saya bukan Mahasiswa yang terlalu klise akan hujat menghujat kebijakan Negara tercinta ini, Republik Indonesia. Saya lebih "Open Minded" akan kondisi aktual Bangsa Indonesia, tentang apa yang terjadi pada Ibu Pertiwi, tentang kenapa hal tersebut bisa terjadi dan tentang upaya apa yang kiranya tepat untuk mengobati luka demi luka yang selalu mengancam kehidupan bernegara.

Studi di Teknik Kimia membuat saya sedikit tahu tentang "Apa" yang terjadi di Republik ini, dan berikut saya coba ulas singkat alasan pemerintah pusat harus segera menaikkan Harga Jual Bahan Bakar Minyak (BBM) yang disubsidi untuk rakyat kecil melalui akun twitter saya pada tanggal 4 Juni 2013, 17 hari kemudian akhirnya pemerintah benar-benar menaikkan harga BBM Bersubsidi secara resmi pada tanggal 21 Juni 2013.



Pemerintah berani untuk segera menaikkan harga BBM setelah 5 hari sebelumnya atau pada hari senin tanggal 17 Juni 2013 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mensahkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara - Perubahan (APBN-P) 2013 yang memuat anggaran untuk program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) untuk 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan. BLSM diupayakan pemerintah sebagai kompensasi dan bantuan langsung untuk mereka yang langsung terkena dampak perubahan harga BBM bersubsidi agar tidak kaget dan tetap memiliki daya beli sementara. Sedangkan untuk peningkatan ekonomi rakyat, pemerintah telah lama upayakan dalam beragam program "pro rakyat" yang pernah saya posting dapat dilihat klik disini.

Pemerintah menaikan sekitar 40% Harga BBM Bersubsidi jenis Premium yaitu dari Rp 4.500/ liter menjadi Rp 6.500/ liter atau sebesar Rp 2.000/ liter, sedangkan jenis Solar sebesar 30% naik dari Rp 4.500/ liter menjadi Rp 5.500/ liter atau sebesar Rp 1.000/ liter.




Berikut adalah Kuliah Twiter (Kultwit) saya dengan hashtag #BBMbersubsidi oleh @tbarya :

2 tahun lalu pernah kultwit #BBMtoBBG sekarang pengen bahas ancang-ancang pmerintah naikkin harga #BBMbersubsidi maaf timeline anda kotor :D

Indonesia sejak zaman Soeharto dininabobokan oleh negeri yang kaya akan sumber daya alam, betul loh, kecuali "Minyak Bumi" #BBMbersubsidi

Cadangan terbukti untuk Minyak Bumi Indonesia tidak sampai 5% dari cadangan dunia, beda dengan venezuela yang memiliki >15%  #BBMbersubsidi

Penggenjotan produksi besar2an era Soeharto akan sumur2 tua warisan belanda bikin kita punya Modal besar pembangunan saat itu #BBMbersubsidi

Sampesampe harga jual minyak bumi yg telah diolah menjadi bensin pun "dibantu" pemerintah dalam bentuk #BBMbersubsidi sperti Libya, Irak dll

Namun rupanya kita cukup lengah, produksi hebat sumur2 tua kurang dibarengin eksplorasi dan eksploitasi sumur2 baru #BBMbersubsidi

Apa akibatnya? tepat 6 tahun setelah rezim Soeharto tumbang, Indonesia jd Negara Importir minyak #BBMbersubsidi



Saat itu kita juga mundur dari keanggotaan negara2 eksporter minyak (OPEC) yang mengatur kebijakan harga minyak bumi dunia #BBMbersubsidi

sekarang, 9 tahun setelah terseok-seok menjadi negara importer minyak, Pemerintah masih bisa belagu harus kasih rakyatnya #BBMbersubsidi ??

kata Presiden RI beberapa bulan lalu, katanya harusnya premium itu dijual 10rb, BUSET! 50% lebih subsidi negara di tiap liter #BBMbersubsidi

Sampe-sampe total "bantuan" negara ngebeliin rakyatnya bensin tembus 211,9 triliun (kelebihan 54,22% dari jatah) #BBMbersubsidi

Belum lagi harus bantuin rakyatnya bisa ngerasain "listrik", negara juga bantu beliin listrik rakyatnya sampe 94,6 triliun #BBMbersubsidi

Jadi berapa tuh total subsidi NEGARA untuk RAKYAT nya? 306,5 triliun utk satu tahun 2012 saja, dari total APBN 1000 triliunan #BBMbersubsidi

kata tifatul, 306,5 triliun itu kalo untuk pembangunan bisa jd 10.000 km rel kereta baru, 50.000 km tol baru dan 15 jalur MRT #BBMbersubsidi

Malah kata JK, "saat ini" biaya subsidi yang dibayarkan negara sudah menggunakan HUTANG, alahmak.. mau jadi apa nih negara?? #BBMbersubsidi

Jdi gk salah klo para pakar & praktisi perminyakan Indonesia seperti Kurtubi bilang keadaan Indonesia ini sudah "Lampu Merah" #BBMbersubsidi

Gue sih rakyat jelata asoy geboy aje~ gak berasa anggaran negara gue defisitnya semana jg, tp kebayang menkeu pusing ngurus #BBMbersubsidi

Ok, itu aja sharing #BBMbersubsidi ,semoga kita semua pada mampu beli pertamax dan hemat makenya, karena itu jauh men belinya dari arab :))

oya belum nyentuh kimia pertamax/ premium, gmn sih teknik kimia teh -,-
ya intinya pertamax "Jauh" lbih baik oktan 92 gituloh #BBMbersubsidi

premium si #BBMbersubsidi cuma 88 oktan+ timbal (Pb), kompresi pistonnya gak full men~ utk mobil2 baru diatas 2005 cocoknya pertamax keatas.

Sekian,


Jakarta.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 comments:

Post a Comment

Bangun pemudi pemuda Indonesia, Tangan bajumu singsingkan untuk negara, Masa yang akan datang kewajibanmu lah, Menjadi tanggunganmu terhadap nusa, Menjadi tanggunganmu terhadap nusa. Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas, Tak usah banyak bicara trus kerja keras, Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih, Bertingkah laku halus hai putra negri, Bertingkah laku halus hai putra negri. (Pencipta Lirik dan Lagu Bangun Pemudi Pemuda: A. Simanjuntak)