Padamu negeri kami berjanji, Padamu negeri kami berbakti, Padamu negeri kami mengabdi, Bagimu negeri jiwa raga kami. (Pencipta Lirik dan Lagu Bagimu Negeri: Kusbini)

Monday, August 19, 2013

Garuda Wisnu Kencana Lahir Kembali


Megaproyek salah satu patung tertinggi di Dunia yang telah terhenti sejak 16 tahun silam akibat krisis moneter, yaitu Garuda Wisnu kencana (GWK), akan kembali dilanjutkan 23 Agustus 2013 mendatang dengan menggandeng investor lokal Alam Sutera, besar harapan Patung tersebut bisa selesai pada 2016.


Patung karyanya telah tersebar di belahan dunia dari New York, Jakarta, Bandung, Bali hingga Timor Leste, dan Garuda Wisnu Kencana ialah mimpi terakhir dari seorang I Nyoman Nuarta untuk mewarisi karya monumental untuk negeri ini.

Patung GWK yang baru itu akan memiliki tinggi 75 meter dengan rentang sayap garuda sepanjang 64 meter, sedangkan tinggi pedestal 60 meter. Oleh karena itu, tinggi patung dan pedestal secara kesuluruhan akan menjulang setinggi 126 meter (Sebagai perbandingan Patung Liberty di New York setinggi 93 meter dan Monas di Jakarta setinggi 132 meter). Sedangkan volumenya 11 kali lebih besar dari Patung Liberty.


Yang menarik perhatian saya sejak lama ialah, pembangunan Patung mahabesar ini tidak lah dikerjakan dilokasinya yaitu Jimbaran- Bali, Namun dibuat seutuhnya di Workshop Galeri NuArt - Bandung. Bobot total patung tembaga tersebut sebesar 3000 ton akan dipotong-potong lalu dikirim menuju Jimbaran untuk dipasang kembali disana, kira-kira dibutuhkan 400 Truk Ukuran Besar untuk memindahkannya.



Patung GWK akan dibuat dari awal dengan konstruksi tahan gempa hingga 7,5 SR dan telah melalui uji ketahanan terpaan angin di Australia (Melbourne) dan Kanada (Toronto). Sedangkan patung awal yang telah jadi yaitu Patung Wisnu tanpa lengan akan dibiarkan sebagai penanda pasang surutnya keinginan Nyoman Nuarta untuk mewujudkan GWK.

Sumber :
http://travel.kompas.com/read/2013/08/18/2013534/Nyoman.Nuarta.Terbang.Kembali.
http://travel.kompas.com/read/2013/07/24/1209355/Pembangunan.GWK.Dilanjutkan.Kembali


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 comments:

Post a Comment

Bangun pemudi pemuda Indonesia, Tangan bajumu singsingkan untuk negara, Masa yang akan datang kewajibanmu lah, Menjadi tanggunganmu terhadap nusa, Menjadi tanggunganmu terhadap nusa. Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas, Tak usah banyak bicara trus kerja keras, Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih, Bertingkah laku halus hai putra negri, Bertingkah laku halus hai putra negri. (Pencipta Lirik dan Lagu Bangun Pemudi Pemuda: A. Simanjuntak)