Padamu negeri kami berjanji, Padamu negeri kami berbakti, Padamu negeri kami mengabdi, Bagimu negeri jiwa raga kami. (Pencipta Lirik dan Lagu Bagimu Negeri: Kusbini)

Monday, July 14, 2014

Memugar Gerbang Utama Indonesia


Soekarno Hatta International Airport (SHIA) yang merupakan gerbang masuk utama menuju jantung ibukota negara, kini kondisinya sungguh jauh dari nyaman. Apalagi jika dibandingkan dengan Sumatera yang punya Kualanamu International Airport, Kalimantan yang punya Sepinggan International Airport dan Bali yang punya The New Ngurah Rai International Airport yang ketiganya sungguh modern dan nyaman bagi penumpang.

Saat ini proyek senilai Rp 4,7 triliun sedang bergulir di Cengkareng, Proyek renovasi Terminal 1 dan 2, serta mega proyek pembangunan Terminal 3 Ultimate. Untuk membayangkan luasnya Terminal 3 Ultimate ini, saya Mengutip kata-kata Dahlan Iskan, "jumlahkan (dari) luas terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 existing (yang sekarang ada), masih akan kalah luas dengan satu terminal 3 yang baru nanti". Tidak terbayang besarnya mahakarya putra-putri bangsa itu saat nanti selesai sepenuhnya pada Juli 2015.




Sekedar Informasi tambahan, saat ini SHIA melayani tidak kurang dari 62,1 juta penumpang setiap tahunnya. Menjadikannya bandara tersibuk ke-8 di dunia (berdasarkan Airport World 2013).

1. Bandara Atlanta-Hartsfield Jackson (94,4 juta penumpang)
2. Bandara Beijing (87,7 juta penumpang)
3. Bandara London Heathrow (72,3 juta penumpang)
4. Bandara Tokyo Haneda (69,0 juta penumpang)
5. Bandara Chicago O'Hare (66,9 juta penumpang)
6. Bandara Los Angeles International (66,6 juta penumpang)
7. Bandara Dubai International (66,4 juta penumpang)
8. Bandara Soekarno-Hatta (62,1 juta penumpang)
9. Bandara Paris Charles de Gaulle (62 juta penumpang)
10. Bandara Dallas/Forth Wort (60,4 juta penumpang)

Atau bandara tersibuk ke-4 di Asia Pasifik setelah Beijing Capital International Airport, Haneda International Airport di Tokyo dan Dubai International Airport.

Selain ketidaknyamanan SHIA karena membludaknya jumlah penumpang setiap tahun, ditambah dengan adanya proyek renovasi terminal, dan proyek pembangunan rel kereta bandara, ternyata tahun ini SHIA masih dinobatkan sebagai bandara terbaik ke-60 di dunia (berdasarkan Best Airport 2014 versi Sky Trax).



Berikut ini buat yang ingin tahu rencana pembangunan Jalur Kereta Api JABODETABEK (diambil dari situs http://dephub.go.id/)





Bengkulu, 15 Juli 2014

Tubagus Aryandi Gunawan

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

1 comments:

bella putri said...

Agen Bola
Agen SBOBET
Agen Judi
Bonus
Prediksi Bola Jitu
Pendaftaran

Post a Comment

Bangun pemudi pemuda Indonesia, Tangan bajumu singsingkan untuk negara, Masa yang akan datang kewajibanmu lah, Menjadi tanggunganmu terhadap nusa, Menjadi tanggunganmu terhadap nusa. Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas, Tak usah banyak bicara trus kerja keras, Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih, Bertingkah laku halus hai putra negri, Bertingkah laku halus hai putra negri. (Pencipta Lirik dan Lagu Bangun Pemudi Pemuda: A. Simanjuntak)